About

Setyo Hajar Dewantoro

Profil Penulis


Saya dilahirkan di kota Magelang, tepatnya di kaki Gunung Tidar yang sering dikatakan sebagai pancer spiritual Tanah Jawa. Dari sisi trah, baik dari pihak bapak maupun ibu, banyak leluhur yang memang diketahui merupakan praktisi laku spiritual antara lain Eyang Rangga Pronodirjo yang merupakan salah satu senopati yang membantu Pangeran Diponegoro, dan Buyut Karta yang menjadi Kuwu pada abad 19 di Desa Wangkelang Cirebon.

Sejak 2008, saya digerakkan semesta untuk mengembara ke banyak pepundhen di Jawa, Bali, hingga Sulawesi dan Kalimantan. Berbagai petilasan, candi, hutan, gunung, sendang, pernah dijelajahi. Itu menjadi proses untuk mematangkan jiwa dan membawa pada pengenalan jati diri. Pengembaraan itu juga membuat saya bertemu dengan banyak sesepuh, antara lain Puun di Kanekes, Puang Matowa Saidi yang merupakan sesepuh spiritual Bugis, Uwwa Ambih sesepuh Tolotang, dan lain-lainnya.

Saya juga sempat mempelajari berbagai tradisi Kejawen kontemporer, Hindu Jawa, hingga Kejawen Kuna. Buah laku pengembaraan dan pembelajaran itu pada ujungnya menghubungkan saya dengan Guru Sejati di dalam diri. Semesta juga menuntunnya bertemu beberapa Guru Suci atau penuntun spiritual yang tak kasat mata.

Buku-buku saya tulis antara lain: Medseba Meditasi Nusantara Kuna dan Suwung Ajaran Rahasia Leluhur Jawa. Sastrajendra Ilmu Kesempurnaan Jiwa, dan Sangkan Paraning Dumadi Puncak Ajaran Spiritual Jawa.

Profil Blog SHD Channel


SHD Channel, Metamorfosa dari Padepokan Pengging

Blog saya yang telah ada sejak 2007 dan dulu bernama Padepokan Pengging Oase Spiritualitas Jawa, kini dihidupkan kembali. Bukan sekadar hidup kembali, tapi juga ditransformasi dan berubah nama menjadi SHD Channel. Segenap tulisan dan cerita pengalaman saya tumpahkan di di sini selain di web Mahadaya Institute. Merupakan anugerah, saya punya putra yang mulai mengenal jalan spiritual dan telah bisa berdislog dengan Guru Sejatinya pada usia 20. Dia merasa ada titah dari Guru Sejatinya untuk mendukung saya dengan mendayagunakan kemampuan IT yang ia pelajari secara otodidak. Maka lahirlah dari tangannya SHD Channel, dan domain blog inipun berubah menjadi http://setyochannel.com.

Nama diatas merujuk pada semangat yang hendak dibangun: blog atau web ini memberi inspirasi tentang kesetiaan yang total pada Sang Sumber Hidup. Ini adalah sikap yang membawa kepada transformasi diri secara total dan kebahagiaan sejati.

Semua itu didapat dari laku spiritual yang sangat panjang, butuh perjuangan, jatuh bangun, terjebak dalam ilusi, halusinasi, dan kuasa gelap pun pernah saya alami.

Semua berlalu dan saya semakin tangguh menghadapi semua itu, semakin terlatih rasa sejatinya maka menjadi hal yang lazim untuk mengetahui datang dari mana semua itu, ada banyak rekan saya yang juga terhubung dengan Guru Sejati didalam diri, kami bisa saling memvalidasi dan bersifat sangat objektif.

Rasakan dan cobalah pahami betul apa yang saya tuliskan... Semoga jiwa agung yang ada pada diri anda bisa tersadarkan dan bangkit...

Saya juga mengelola lembaga Mahadaya Institute yang hadir bagi masyarakat dalam berbagai layanan, antara lain: Buku-buku, Workshop, Meditasi Bersama serta Audio Meditasi.

Anda bisa menguhubungi saya melalui: Kontak Blog SHD Channel

Selamat menikmatinya....  

1 Response to "About"

  1. Some lenders and lenders charge different rates in different provinces. canada mortgage calculator Reni was on top of getting approval from the bank with the data we had available plus it was a great help. mortgage payment calculator canada

    ReplyDelete



Laku spiritual adalah proses bertumbuhnya pengalaman keilahian, wujudnya adalah menjadi penuh dengan daya, penuh kebijaksanaan, penuh kecerdasan, penuh kreatifitas, penuh welas asih.


Setyo Hajar Dewantoro
Founder of Mahadaya Institute


Buku

Buku Medseba Buku Sastrajendra Buku Suwung Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi

Kegiatan