Pancasila



Pancasila
Gambar oleh ibnuamaru dari Pixabay

Pancasila, Jalan Keagungan Kita Founding Fathers kita telah mewariskan permata kebijaksanaan, satu jalan spiritual yang dilembagakan sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Ia dikristalkan atau disarikan dari nilai-nilai luhur yang telah lama hidup sejak kita dikenal sebagai bangsa Nusantara. Saatnya kita hidupkan Pancasila dalam keseharian kita, kita nyalakan Pancasila di dalam sanubari kita. 

Pancasila bisa menjadi pusaka bagi terealisasinya kejayaan bangsa dan perdamaian dunia, jika ia tak menjadi verbalisme, melainkan menjadi sesuatu yang dihayati dan dipraktikkan dengan konsisten. 

Pancasila adalah jalan spiritual bangsa Nusantara. Tentang kesadaran ketuhanan, humanisme universal, dan persatuan bangsa yang muncul saat seseorang menekuni keheningan dan terhubung kepada Diri Sejatinya yang bertahta di sanubari. 

Manusia Indonesia yang Pancasilais adalah mereka yang hidup dituntun Sang Maha Agung, pikiran kata-kata dan tindakannya memancarkan vibrasi kasih murni. Tiada perilaku diskriminatif atas nama suku dan agama karena sadar semua bersumber dari realitas yang sama, Tuhan yang Maha Esa. 

Pancasila adalah ajaran yang agung. Yang membuat semua pihak bisa terayomi, terlindungi, merasakan kesukacitaan bersama. Jadilah teladan untuk menghidupkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun dalam pergaulan dunia. Kita Indonesia, kita Pancasila.
0 Response to "Pancasila"

Post a Comment



Laku spiritual adalah proses bertumbuhnya pengalaman keilahian, wujudnya adalah menjadi penuh dengan daya, penuh kebijaksanaan, penuh kecerdasan, penuh kreatifitas, penuh welas asih.


Setyo Hajar Dewantoro
Founder of Mahadaya Institute


Buku

Buku Medseba Buku Sastrajendra Buku Suwung Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi

Kegiatan