Perintah Tuhan Cuma Satu: Nyambung Rasa!



Perintah Tuhan Cuma Satu: Nyambung Rasa!
Gambar oleh LoganArt dari Pixabay
PERINTAH TUHAN CUMA SATU: NYAMBUNG RASA

Gak usah rumit dalam spiritualitas...

Lampaui segala konsepsi termasuk yang telah dilembagakan dan dianggap sebagai kebenaran absolut. Kembali kepada hal mendasar yang pasti menyelamatkan: hening!

Hening itu artinya nyambung rasa, pikiran disambungkan dengan rasa sejati, dimulai dengan memperhatikan dan meresapi sepenuhnya apa yang sedang kita jalani saat ini dan sini. Bernafas, minum kopi, jalan di tanah dan rerumputan, dan lainnya.

Inilah satu-satunya cara untuk terhubung dengan Tuhan yang nyata, sumber kasih murni, kebahagiaan sejati, kebijaksanaan tertinggi. Tanpa nyambung rasa, hanya hidup dalam rasionalitas, membuat kita gampang terkecoh. Hal yang mencelakakan dianggap kebaikan, yang benar malah dianggap kesesatan. Hening, hening dan hening.

Selalu eling dan waspada. Cuma itu perintah Tuhan. Dari situ kita akan tahu dan mengerti mesti berbuat apa dalam setiap detik kehidupan. Itu dasar menjadi selaras dalam hidup... Kembali... Nyambung rasa.. Tanpa itu kita semua bisa salah jalan. Hening, dan tetaplah ada dalam kebenaran sejati.

2 Responses to "Perintah Tuhan Cuma Satu: Nyambung Rasa!"

  1. Pangapunten, bukankah perintah Tuhan selain nyambung rasa itu sama dg istilah perintah Tuhan kpd manusia adalah utk mengenal Tuhan Nya setelah mengenal dirinya ?
    Sambungkan dan selaraskan suhu..

    ReplyDelete



Laku spiritual adalah proses bertumbuhnya pengalaman keilahian, wujudnya adalah menjadi penuh dengan daya, penuh kebijaksanaan, penuh kecerdasan, penuh kreatifitas, penuh welas asih.


Setyo Hajar Dewantoro
Founder of Mahadaya Institute


Buku

Buku Medseba Buku Sastrajendra Buku Suwung Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi Buku Sangkan Paraning Dumadi

Kegiatan