Pahlawan Sejati



Pahlawan Sejati
Gambar oleh AD_Images dari Pixabay
Kita adalah pahlawan saat kita melampaui egoisme dan bertindak atas dasar kasih murni yang membawa keselamatan dan meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang. Kita adalah pahlawan saat tidak hidup hanya untuk mengejar hasrat egoistik berupa kekayaan dan kekuasaan, melainkan hidup dengan semangat melayani sesama. 

Kita adalah pahlawan saat tak berhitung untung rugi dan hanya mengerjakan yang terbaik dalam tuntunan Diri Sejati yang bersemayam di pusat hati.. 

Tindak kepahlawanan sejati hanya bisa muncul dalam keheningan, saat kita mengakses sumber kasih murni dan kebijaksanaan di dalam diri, lala berlaku sepi ing pamrih tebih ing ajrih - tulus dan jauh dari segala ketakutan. 

Maka, para pahlawan bukan saja mereka yang melakukan perang militer. Tapi mencakup siapapun yang telah berkarya sepenuh jiwa sesuai talenta demi terbangunnya kehidupan surgawi, saat ini dan di sini. Tekunlah berada di dalam keheningan. Terhubunglah selalu dengan Sang Penuntun Agung di dalam diri. 

Penuhilah pikiran dan perasaan dengan kasih murni. Lalu bertindaklah dalam kesetiaan yang penuh untuk hamemayu hayuning bawana, memperindah jagad yang telah indah. Itulah jalan kepahlawanan kita. Kita tidak menjadi pahlawan atas dasar chauvinisme. Kita juga tidak menjadi pahlawan atas dasar fanatisme buta kepada afiliasi etnis dan relijius kita. 

Kita tidak membuat dunia ini bertambah panas dan keruh vibrasinya, lewat tindakan ilusif mengatasnamakan Tuhan, lalu merasa diri kita telah berjuang sebagai pahlawan yang agung. Kita menjadi pahlawan berangkat dari upaya terus menerus memurnikan jiwa. 

Sehingga segenap langkah dan tindakan dilandasi kebenaran sejati dan mencerminkan ketulusan yang sempurna. Ini bagian dari kesadaran kita akan missi hidup di dunia dan proses evolusi jiwa yang sedang kita jalani. Tiada guna gelar pahlawan dari siapapun termasuk dari negara jika jiwa kita tetap keruh dan terjerat dalam penderitaan. 

Pahlawan sejati menjemput kematian tak hanya dengan gagah perwira tapi juga penuh sukacita. Jalan kepahlawanan kita yang agung, mengantarkan kita pada kehidupan surgawi kini dan kelak. Kuncinya selalu hening, hening, dan hening. Selalu hidup dalam kasih murni, kesadaran murni, dan energi murni. 

Selamat Menjadi Pahlawan!

Related Posts

0 Response to "Pahlawan Sejati"

Post a Comment



Laku spiritual adalah proses bertumbuhnya pengalaman keilahian, wujudnya adalah menjadi penuh dengan daya, penuh kebijaksanaan, penuh kecerdasan, penuh kreatifitas, penuh welas asih.


Setyo Hajar Dewantoro
Founder of Mahadaya Institute


Buku

Buku Medseba Buku Sastrajendra Buku Suwung Buku Sangkan Paraning Dumadi

Kegiatan