RENUNGAN AWAL TAHUN




Jikalau kita semua adalah berasal dari sumber yang sama, yaitu Tuhan Yang Esa, semestinya kita bersatu dan bersaudara. Bukannya berpecah belah apalagi terlibat dalam perang berkepanjangan.
Apabila agama memang merupakan kebenaran Ilahi, yang bersumber pada Tuhan Yang Maha Pengasih, semestinya ia membuat pemeluknya menjadi welas asih dan mengedepankan persatuan antar umat manusia.

Jika kemudian umat beragama lebih senang memperbesar perbedaan, bisakah dibenarkan? Di mana letak masalahnya? Jika kita bertengkar dan saling menistakan dengan mengatasnamakan agama, pantaskah?

Catatan:
Suara hatiku membisikkan, bahwa ajaran Tuhan yang sejati mempersatukan umat manusia, bukan mengkotak-kotakkan apalagi memecahbelahnya. Dan bahwa tanda paling akurat mengenai kedekatan manusia dengan Tuhannya, adalah kewelasasihannya kepada sesama manusia, tanpa pandang bulu.

Related Posts

There is no other posts in this category.

2 Responses to "RENUNGAN AWAL TAHUN"

  1. postnya baru dua sih mas
    kalo banyak pasti yang baca banyak
    Salam kenal :-)

    ReplyDelete
  2. He...he...tadinya banyak mas, tapi saya hapusin karena gak ada yang baca. Sekarang saya sedang coba masukin tulisan-tulisan baru. Trims sudah mampir.

    ReplyDelete



Laku spiritual adalah proses bertumbuhnya pengalaman keilahian, wujudnya adalah menjadi penuh dengan daya, penuh kebijaksanaan, penuh kecerdasan, penuh kreatifitas, penuh welas asih.


Setyo Hajar Dewantoro
Founder of Mahadaya Institute


Buku

Buku Medseba Buku Sastrajendra Buku Suwung Buku Sangkan Paraning Dumadi

Kegiatan